Gua Maharani/ Gua Pawon
































Gua Maharani

Gua Maharani. Juga disebut juga dengan sebutan “Gua Pawon”. Karena gua ini terbentuk sengaja dibuat sebagai pembuatan “pawon”  ( tungku ). Walaupun sekarang tungku sudah jarang digunakan. Proses pembuatan di Goa ini masih membuatnya. Ketika ditanyai oleh WisataGrobogan, bapak yang pemahat juga pengrajin pawon ini mengaku sudah 20th lebih sebagai pekerjaan sampinganya, selain tani, mampu menghasilkan 2 pawon dalam sehari. Sedangkan harga bisa mencapai  Rp. 65.000.

Terletak di dsn Dalisan,ds.Genengsari,kec.Toroh,kab. Grobogan. Dari seseorang pengrajin mengaku, profesi membuat  pawon ini  turun temurun. Sampai saat ini sudah terbentuk 10 gua lebih. Dari satu ke lainya terdapat jalan yang sengaja dibikin. Namun akses ini sering ditutup dikarenakan bekas dari pahatannya menghasilkan cekungan yang cukup dalam dan berisi resapan air.Sehingga ada kekhawatiran timbulnya korban di cekungan tersebut.

Dari pemukiman warga menuju ke lokasi akses jalanya cukup ekstrim. Cocok sekali untuk tim trabas. Mungkin saja bisa dipergunakan sebagai lokasi perkemahan.

Masih jarang pengunjung yang datang ke obyek ini. Namun pernah ada mahasiswa dari UGM melakukan penelitian disini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Gua Maharani/ Gua Pawon"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel