RIWAYAT KYAI BAEDLOWI LURAH PERTAMA DESA NGROTO

RIWAYAT KYAI BAEDLOWI LURAH PERTAMA DESA NGROTO

Siapakah Kyai Baedlowi ? ... beliau adalah lurah pertama di desa Ngroto kecamatan Gubug. Kyai baedlowi adalah cucu Kyai Khoiron, atau yang sering disebut dengan julukan mbah Gareng. Kalau kita runut adalah sebagai berikut : Kyai Khoiron mempunyai dua orang putra, yaitu Asyari dan Asngari. Dari Asyari menurunkan Hasyim, Hasyim menurunkan Wachid, dan Wachid menurunkan Abdurrahman (Gus dur). Sedangkan Asyngari menurunkan Baedlowi, Baedlowi menurunkan Sukemi, dan Sukemi menurunkan Zuhri (Kuwaron). Dengan demikian jelas kalau Kyai Khoiron (dimakamkan di Ngroto), adalah buyut dari Gus Dur yang pernah menjabat sebagai Presiden RI.
Ketika menjadi lurah di desa Ngroto, kyai Baedlowi sangat memperhatikan nasib warga desa, antara lain adalah membayar pajak semua rakyatnya yang harus disetor pada Belanda. Bahkan pernah karena membela warganya yang disiksa tentara Belanda, beliau harus masuk ke penjara. Walaupun di dalam penjara ada beliau, tetapi kenyataan beliau berada di rumahnya sendiri. Konon ada yang mengatakan, bahwa yang di dalam penjara itu adalah bajunya. Beliau mempunyai putra, yang salah satunya adalah Sukemi. Sukemi sendiri mengaji dan memperdalam ilmu agama Islam di pondok desa Kuwaron, yang akhirnya menetap di desa Kuwaron. Setelah menunaikan ibadah haji, beliau memakai nama Kyai Haji Sofwandori.
Kyai Baedlowi sangat memperhatikan kehidupan rakyatnya dalam beragama, dengan mendirikan beberapa langgar dipinggir sawah dekat sungai. Maksud dibuatnya beberapa LANGGAR di pinggir sungai tersebut, agar warga yang bekerja di sawah tidak harus pulang ke rumah untuk melaksanakan sholat. Doeloe jumlah langgar itu ada tujuh, tetapi sekarang hanya tinggal tiga, dan itupun sudah sangat memprihatinkan sekali. Kyai Baedlowi wafat dan dimakamkan di pemakaman desa Ngroto, yang letak makamnya di depan cungkup makam Siradjuddin.
Semoga perangkat desa dan warga desa Ngroto berkenan untuk nguri-uri peninggalan leluhur tempo doeloe. amin


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "RIWAYAT KYAI BAEDLOWI LURAH PERTAMA DESA NGROTO"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel