sekilas info

TANAMAN MLINJO BISA DIKEMBANGKAN DI DESA NGROTO

Tanaman melinjo dapat ditemukan di daerah yang kering sampai tropis, dan untuk tumbuh dan berkembang tidak memerlukan tanah yang bernutrisi tinggi atau iklim khusus. Tanaman melinjo dapat beradaptasi dengan rentang suhu yang luas, dan hal ini yang menyebabkan tanaman tersebut sangat mudah ditemukan di berbagai daerah kecuali daerah pantai, karena tumbuhan ini tidak dapat tumbuh di daerah yang memiliki kadar garam yang tinggi.
Seperti di desa Ngroto Kecamatan Gubug, yang banyak tumbuh tanaman Mlinjo. 

Tetapi tumbuhnya tanaman tersebut tidak karena budidaya masyarakat, tetapi tumbuh alami dari ceceran biji mlinjo yang tersebar dari pohonnya. Di desa tersebut juga tidak ada masyarakat yang mencoba berupaya, membudidayakan buah mlinjo menjadi emping mlinjo. Padahal tanah di desa Ngroto yang terdiri dari campuran tanah pasir dan lumpur, sangat baik baik untuk tumbuhnya tanaman mlinjo.
Pernah waktu penulis berdinas di desa tersebut, yang mengumumkan pada siswa di sekolah agar mengumpulkan 5 buah mlinjo tiap anak. Setelah dicoba dibuat emping mlinjo, ternyata hasilnya sangat bagus dengan warnanya yang putih bersih. Pernah juga menyarankan kepada para siswa, agar menanam tanaman mlinjo di halaman rumahnya tiap anak 5 pohon. Dari hasil laporan para siswa, bahwa tanaman mlinjo yang ditanamnya dapat tumbuh dengan subur. Penulis menghitung kalau tanaman mlinjo yang ditanam 200 siswa bisa tumbuh, berarti jumlah tanaman yang ada 1000 pohon. Dalam 2 tahun kalau tanaman itu berbuah, bisa dihasilkan 5 kwintal buah mlinjo. Dari 5 kwintal mlinjo tersebut, bisa diperoleh hampir 1 kwintal emping mlinjo berkwalitas super. Sayang karena mutasi tugas, penulis tidak bisa memantau pertumbuhan tanaman mlinjo yang ditanam oleh para siswa.

Diharapkan dari pihak terkait bisa mengembangkan tanaman mlinjo tersebut di desa Ngroto, Trisari dan Glapan,sehingga di Kecamatan Gubug akan muncul desa produk mlinjo, yang bisa manambah icon Kecamatan Gubug sebagai penghasil emping mlinjo selain tempe kripik dan sirup Kartika

yang sudah lama go publik.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "sekilas info"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel