Berkunjung ke Sendang Keongan, Dipercaya Kekalkan Hubungan Cinta

Siapa sih yang gak tahu sendang Keongan. Sendang yang terletak di desa Penganten, kecamatan Klambu, kabupaten Grobogan ini memang pernah mahsyur di jamannya. Bahkan, pengunjung dari luar kota banyak yang pernah berkunjung kesini.

Mitos yang telah beredar di kalangan masyarakat sekitar, bahwa pengunjung yang membawa pasangannya ke sendang ini akan menjadi pasangan abadi bukan isapan jempol. Sampai sekarang pun masih banyak yang percaya dengan mitos tersebut.

MITOS SENDANG KEONGAN

Sendang Keongan berasal dari legenda Perjalanan Cinta R.Ponocitro atau Sunan Katong dan Roro Mendut yang merupakan kekasihnya. (Roro mendut adalah Putri dari Sunan Prawoto yang merupakan Guru dari Sunan Katong)Sekilas dalam perjalanan Cinta mereka telah mati terbunuh oleh abdi dari Sunan Prawoto ditempat tersebut. Karena Roro mendut telah membakang perintah dari ayahanda yang saat itu memerintahkan abdinya mencari roro mendut untuk menyuruhnya pulang. Saat itu, Sunan Katong bersama Roro mendut bertahun tahun telah pergi tanpa ada kabar berita.Sunan Prawoto memerintahkan, jika mendut tidak tetap pulang agar dibunuh saja. Karuan saja karena yang dicari tidak mau pulang, sehingga abdi dengan terpaksa membunuh Roro mendut, sementara ketika sunan katong tahu jika kekasihnya terbunuh, karena saking cintanya sehingga sunan katong juga tidak tinggal diam, dia berusaha untuk menolong kekasihnya dengan cara menelungkupi, namun sia sia usahnya, sehingga dia ikut juga terbunuh tertancap tombak abdi sunan Prawoto hingga menembus (keduanya tertusuk tombak)

Itulah sekilas cerita mitos  tentang sendang keongan,yang hingga kini masih dipercaya masyarakat sekitar.


ASAL- USUL SENDANG KEONGAN
Menurut cerita yang berkembang di masyarakat, Sendang Keongan berkaitan dengan kisah R. Ponocitro alias Sunan Katong. Dalam perjalanannya, saat R. Ponocitro tengah mencari sumber air untuk berwudlu, pandangannya tertuju pada sebuah pohon yang penuh siput ataudalam bahasa Jawa disebut keong. Ia berpikir, bila ada siput pasti ada air. Maka, kemudian ia menancapkan pusaka saktinya di sekitar pohon tempat siput menempel. Seketika, memancarlah sumber mata air (sendang) yang kelak dikenal dengan nama “Sendang Keongan”.(RE) 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Berkunjung ke Sendang Keongan, Dipercaya Kekalkan Hubungan Cinta"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel