Desa Wisata Cepat Terwujud, Kades Banjarejo & Tarub Diajak Studi Banding

Hari ini, Rabu (21/9) Kades Banjarejo, kades Tarub, Kadus Medang bersama staf ahli bupati  Wiku handoyo serta kasubag perundang - undangan melakukan studi banding ke desa wisata Penting sari, Sleman dan desa wisata Wanurejo, Magelang.

Menurut Wiku handoyo, pengembangan sebuah desa wisata sejatinya kembali pada kerja keras kepala desa, pegiat wisata di desa dan masyarakat setempat."Kemajuan sebuah desa wisata, bukan tergantung pada orang lain, atau pemerintah. Jangan hanya berharap, pemerintah yang membangun sebuah desa menjadi desa wisata, tetapi semua kembali pada masyarakat di desa itu sendiri," jelasnya.


Staff ahli bupati Grobogan, Wiku handoyo yang memimpin rombongan tersebut mengungkapkan, studi banding ini setidaknya membuka pemahaman dan cara berpikir para kepala desa dan pengelola desa wisata, bahwa pengembangan desa wisata, tidak hanya menggantungkan bantuan dari pemerintah.

"Pemerintah tentu tidak akan tinggal diam, jika masyarakat sudah bergerakmengembangkan desanya menjadi desa wisata. Sama halnya di Kabupaten Sleman dan Magelang.  Jangan berpikir, untuk memulai mengembangkan desa wisata harus menunggu bantuan dulu dari pemerintah. Pelajaran dari dua desa yang kami kunjungi, mereka berangkat dari persoalan awal yang kompleks untuk membangun sebuah desa wisata,” kata Wiku handoyo .

Achmad Taufik selaku kepala desa Banjarejo mengatakan bahwa dengan studi banding tersebut, dia mendapatkan pelajaran bahwa desa wisata akan terwujud  dengan kerja keras seluruh elemen di desa. "Kalau  harus menunggu bantuan, mungkin tidak akan terwujud desa wisata Penting sari. Semua kembali pada kerja keras perangkat desa, pengelola desa dan warga masyarakat, tentunya harus ada orang yang menjadi penggeraknya,semua perlu dicontoh,” kata Kades  Banjarejo bersemangat. (IYANT RE) 


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Desa Wisata Cepat Terwujud, Kades Banjarejo & Tarub Diajak Studi Banding"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel