Gajah Purba Stegodon Ini Pernah Hidup di Banjarejo



Dua juta tahun yang lalu gajah purba stegodon  hidup di Banjarejo , Jawa Tengah. Mereka adalah gajah-gajah raksasa. Wow, sayangnya, stegodon punah.Jadi kita tidak bisa melihatnya lagi sekarang.


Stegodon adalah gajah purba yang hidup pada masa Pleistosen, lebih awal dari masanya mamoth dan gajah-gajah modern yang hidup pada masa sekarang, sekitar 2 juta tahun lampau, dimana pada masa itu es belum mencair, sehingga daratan jawa masih bersatu dengan benua asia.

Sekarang kita hanya bisa melihat beberapa bagian tubuh stegodon seperti kepala, rahang, kaki dan gading yang sudah berupa fosil. Fosil-fosil ini tersimpan rapi di RUMAH FOSIL BANJAREJO. Di rumah milik kades Achmad Taufik inilah fosil-fosil ini disimpan. Pengunjung bisa datang setiap hari ke rumah fosil Banjarejo.

Fosil gading berukuran 2,83 meter menjadi salah satu fosil yang banyak menjadi perhatian pengunjung. Adanya gading tersebut memang makin mengundang daya tarik para pengunjung. Rata-rata para pengunjung pasti menyempatkan foto dan menanyakan soal gading tersebut.Sebelumnya, benda purbakala yang jadi andalan untuk dilihat pengunjung adalah fosil kepala kerbau raksasa. Selain usianya sudah mencapai jutaan tahun, ukuran fosil kepala kerbau purba juga membuat pengunjung penasaran. (RE)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Gajah Purba Stegodon Ini Pernah Hidup di Banjarejo "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel