Bledug Kramesan, Gunungan Lumpur Naga Jaka Linglung



NGARINGAN,Wisata-grobogan.com- Bledug Kramesan, dari namanya mungkin masih asing di telinga kita. Seperti halnya bledug Kuwu, Bledug Kramesan juga merupakan letupan lumpur, namun dengan intensitas lebih kecil. Akibat letupan yang berlangsung lama, lumpur ini  membentuk sebuah gunungan. Di sekitar gunungan tersebut bisa kita temukan tiga kolam besar dengan air yang bergejolak, seperti  air mendidih. Selain itu ada beberapa lubang yang juga mengeluarkan lumpur.




Letak bledug kramesan tak jauh dari bledug kuwu, sekitar 3 kilometer arah timur laut. Yakni berada di Desa Sendangrejo, Kecamatan Ngaringan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Berada di tengah area persawahan di desa setempat. Hanya sepeda motor saja yang bisa dekat lokasi. Untuk sampai di lokasi, pengunjung masih harus berjalan kaki, sekitar 300 meter.

Tidak ada catatan sejarah tentang Bledug Kramesan, hanya cerita dari mulut ke mulut tentang cerita Naga  Jaka Linglung dan Prabu Dewata Cengkar, sang pemakan manusia. Isinya banyak campuran fakta sejarah dan mitos.


Satu gunungan lumpur yang berada diantara kolam-kolam air dengan kandungan gas bisa untuk didaki. Di puncak ini, kamu bisa melihat letupan lumpur dari dekat. Namun harus hati-hati, jangan sampai menginjak lumpur yang masih basah, kamu bisa terjerembab di dalamnya. Di puncak sini kamu bisa berswafoto dengan background hamparan hijau sawah. Atau bisa juga dengan background gunungan lumpur, serasa seperti di merapi lho.



Saat ini bledug kramesan belum dikelola oleh pemerintah desa maupun dinas terkait. Jadi untuk masuk kesini masih gratis. (RE)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bledug Kramesan, Gunungan Lumpur Naga Jaka Linglung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel