Dua Peninggalan Belanda di Wirosari Ini Jadi Buruan Pecinta Fotografi



WIROSARI, Wisata-grobogan.com-  Kolonial Belanda memang pernah berkuasa di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, 3,5 abad lamanya mereka menjajah negera kita. Tak terkecuali Kabupaten Grobogan  pun pernah dikuasainya. Ada beberapa bangunan yang bisa menjadi bukti bahwa kolonial Belanda pernah berkuasa. Di Kecamatan Wirosari, ada dua bangunan yang menjadi saksi bisu, yakni saluran irigasi di Kelurahan Wirosari dan jembatan di Desa Dapurno. Saat ini keduanya menjadi perburuan pecinta fotografi.

Saluran Irigasi Belanda

Siapa yang sangka bangunan yang tak terawat ini merupakan sisa-sisa bangunan peninggalan pemerintahan kolonial Belanda. Bangunan mirip benteng berasitektur eropa ini sejatinya adalah saluran irigasi peninggalan  Belanda. Bangunan ini terletak  di Dusun Ledok, Kelurahan Wirosari, Kecamatan Wirosari, Kabupaten Grobogan. Bangunan ini menjadi bukti sejarah bahwa Belanda pernah berkuasa di Grobogan.

Bangunan tua ini memang kelihatan biasa saja. Namun setelah kita cermati, ternyata mengandung seni arsitektur Eropa. Akhir-akhir ini, tempat ini menjadi cukup terkenal di sosial media. Mulai dari anak-anak sampai dewasa mengambil pose gambar semenarik mungkin untuk dipamerkan di akun mereka masing-masing. Bahkan, ada beberapa pasangan calon pengantin yang sengaja "pre wedding" di tempat ini. “Cukup banyak yang berkunjung kesini. Walaupun tempatnya tidak terawat,” jelas Sri,salah satu warga Wirosari.


Setiap hari Minggu atau hari libur, tempat ini cukup ramai didatangi pengunjung baik dari Wirosari maupun dari luar Wirosari. Seperti halnya Rokhayati,gadis berhijab ini sengaja datang ke lokasi ini karena penasaran. “Di facebook,instagram cukup ngehits, jadinya penasaran pengin kesini,” jelasnya.


Karena belum dikelola, untuk masuk ke tempat ini masih gratis alias  tidak bayar. Cukup sediakan bensin untuk mengisi kendaraan, anda bisa datang ke tempat ini. Tapi jangan kaget, karena tidak dikelola, tempat ini belum tertata dan tidak terjaga kebersihannya. “Andai ini bisa dikelola, pasti akan mendatangkan pundi rupiah untuk warga sekitar,” pungkas Rohka

Jembatan Kereta Api Dapurno

Jembatan yang melintasi sungai lusi ini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda. Bentuknya yang khas membuat beberapa pecinta fotografi rela datang kesini. Letaknya berada di Desa Dapurno,Kecamatan Wirosari. Walaupun sudah berumur cukup tua, namun oleh warga sekitar masing dipergunakan. Jangan khawatir, kalau mau ambil gambar disini gratis kok. (RE)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dua Peninggalan Belanda di Wirosari Ini Jadi Buruan Pecinta Fotografi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel