Desa Sumberjatipohon Rintis Agrowisata Baru

RINTIS AGROWISATA: Kades Sumberjatipohon, Eni Endarwati saat mengunjungi rintisan Agrowisata di Dusun Kuncen, Desa Sumberjatipohon.


GROBOGAN,Wisata-grobogan.com - Upaya untuk memajukan desa menjadi salah satu desa wisata andalan di Kabupaten Grobogan terus dilakukan pemerintah Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan. Salah satunya dengan menyiapkan sebuah agrowisata di Dusun Kuncen. Demikian diungkapkan Eni Endarwati, Kades Sumberjatipohon. “Setidaknya jika berkunjung ke desa kami, wisatawan tidak hanya ke lokasi wisata Jatipohon Indah saja. Jadi kita siapkan beberapa sentra di dusun-dusun yang nantinya juga bisa menjadi tujuan wisata,” jelasnya.

Adalah Cipto(53), warga Dusun Kuncen, Desa Sumberjatipohon yang mulai merintis sebuah agrowisata. Di lahan seluas 6 ribu meter persegi miliknya, ia telah menanam beberapa jenis buah yang  nantinya akan menjadi buah andalan agrowisata tersebut. “Saat ini telah kita tanam 1000 pohon kelengkeng dan 20 pohon alpukat,” jelasnya.

BERSEMANGAT: Cipto, warga Dusun Kuncen tunjukkan alpukat yang ia tanam sudah mulai berbuah.

Cipto tidak sendirian, berkat keuletannya, hasil panen buah yang telah ia peroleh berhasil memancing puluhan tetangganya untuk ikut menanam buah yang sama. “Beberapa tetangga sudah mulai menanam. Banyak juga yang sudah memesan bibit kepada saya,” jelasnya.

Jenis alpukat yang ia tanam, berbeda dengan varietas yang biasa dijual di pasaran. Menurut Cipto, jenis yang ia tanam yakni alpukat hawai/kendil yang memiliki berat per buah mencapai 1,5 kilogram. Disamping itu, alpukat mudah sekali berbuah,  tidak perlu perawatan khusus. “Sekitar 3 tahun sudah siap buah. Bisa dilihat sendiri ukuran buahnya luar biasa,” ujarnya.


Cipto menambahkan, tiga tahun kedepan, agrowisata ini baru benar-benar siap dengan jumlah pohon yang  banyak. “Tetangga-tetangga sudah mulai ikut  tanam. Jadi kalau pengunjungnya banyak, tidak kehabisan buah,” jelasnya. (RE)



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Desa Sumberjatipohon Rintis Agrowisata Baru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel