Aktifitas Kemaritiman di Banjarejo Diteliti



GABUS,Wisata-grobogan.com – Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta sedang melakukan penelitian  aktivitas kemaritiman di Selat Muria(abad VII-XVI M) di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan.  Sebanyak 12 tenaga ahli  telah datang di “Bumi Hanacaraka”. Demikian diungkapkan Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik, Senin(25/3/2019).

“Kegiatan penelitian ini lebih difokuskan untuk mengungkap aktivitas kemaritiman pada masa lalu di sekitar Selat Muria. Pada masa lalu, daerah Banjarejo ini, dianggap merupakan bagian ujung selatan dari Selat Muria. Banyaknya penemuan benda cagar budaya yang ada di Banjarejo menjadi salah satu indikasi adanya aktivitas kemaritiman pada masa lalu,” katanya.


Menurut Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik, tim sudah mulai tiba di Banjarejo sejak Kamis kemarin. Sejak hari Jumat, (22/3/2019), tim sudah melakukan observasi di situs medang yang terletak di Dusun Medang.  “Dari titik  eskavasi, berhasil dikumpulkan banyak sekali  serpihan-serpihan. Saat ini dalam tahap penelitian,” jelasnya.

Rencananya, kegiatan penelitian akan berlangsung  hingga 7 April. Selain di Banjarejo, tim dari Balar juga melakukan kegiatan serupa di Kabupaten Kudus. Ia berharap, penelitian tersebut segera mengungkap misteri di desanya. “Semuanya berharap apa yang terjadi di masa lalu di Banjarejo terkuak,” ujarnya. (RE)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Aktifitas Kemaritiman di Banjarejo Diteliti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel