Garang Asem, Kuliner Khas Grobogan Yang Perlu Dicoba


GROBOGAN, Wisata-grobogan.com-Dari namanya sudah bisa ditebak jika kuliner yang satu ini memiliki rasa asem. Ya, pemberian nama Garang Asem memang merujuk pada rasa makanan dan cara memasaknya. Yakni  kuliner yang dimasak dengan cara dibungkus daun pisang dan dikukus (digarang atau dipanaskan) dan memiliki rasa yang asem.

Untuk mendapatkan kuliner yang satu ini, anda tak perlu repot. Hampir di semua kecamatan ada warung makan yang menyediakan kuliner ini. Seperti WM Mpok Intun di Jalan Pangeran Diponegoro, selatan simpang lima Purwodadi, WM Raharjo dan masih banyak lagi. 


Keunikan garang asem adalah, meski bumbunya minimalis, yakni dengan kondimen utama bumbunya adalah cabai rawit, tomat hijau, dan belimbing sayur,  namun garang asem mencetuskan rasa asam pedas dalam kaldu bening  yang benar-benar mampu menggebrak lidah. Bungkus daun pisang menyumbangkan aroma yang cantik selama proses pengukusan.


Adapun ayam yang digunakan, biasanya ayam kampung, karena ayam kampung akan terasa lebih lembut dan empuk, dan tidak mudah hancur meski proses pengukusan cukup lama. Ayam kampung juga menyumbang kaldu yang lebih harum sehingga menambah cita rasa garang asem semakin memukau. Agar garang asem tidak bocor alias kuahnya merembes, biasanya daun pisang dilapisi dengan plastik tahan panas di dalamnya.


Silakan mencoba. (RE ) 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Garang Asem, Kuliner Khas Grobogan Yang Perlu Dicoba "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel