Kades Cingkrong Sulap Balaidesa Menjadi Wahana Wisata Baru



PURWODADI, Wisata-grobogan.com- Sebelum menjabat sebagai Kepala Desa(Kades), Jasmi hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa. Namun semenjak tahun 2007, ibu beranak dua ini meneruskan jejak suaminya yang terlebih dahulu menjadi Kades di Desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi.

Sebenarnya, wanita yang akrab dipanggil Jasmi ini tak ada niatan untuk menjadi seorang Kades. “Karena tuntutan warga lah, saya maju mencalonkan diri menjadi Kades. Saat itu, saya berpikir lebih enak jadi ibu rumah tangga,” tuturnya.

Keputusan mendaftarkan diri menjadi Kades bukan tanpa alasan.  Dia berkeinginan meneruskan program kerja suaminya yang belum berhasil. “Saya harus lebih dari suami saya. Awalnya gak ada yang membimbing. Tapi alhamdulillah sampai sekarang warga mencintai saya. Karena saya memimpin dengan hati,” tuturnya.

Ingin Kembangkan Objek Wisata di Desanya



Dua periode awal kepemimpinannya dimanfaatkan untuk memperbaiki infrastruktur desa. Jalan-jalan desa yang sebelumnya hanya makadam ia perbaiki hingga seperti sekarang ini. “Setelah infrastruktur selesai, di periode ketiga ini saya ingin fokus ke pemberdayaan masyarakat melalui BUMDes. Kita sulap lingkungan balai desa menjadi “De Bale Cingkrong Fun &Education. Kita anggarkan senilai Rp 500 juta,” ,” jelasnya.

Jasmi menjelaskan wahana wisata ini memanfaatkan lahan yang berada dibelakang balai desa, yakni sebuah kolam dan sebidang tanah milik warga desa yang dikontrak untuk memperluas wahana wisata. “Kolam yang awalnya hanya untuk pemancingan kita kasih dermaga di tengahnya. Di samping itu ada bebek kayuh dan rakit yang nantinya disewakan untuk mengitari kolam. Arena out bond juga kita siapkan,  tak lupa permainan tradisional juga kita suguhkan di tengah maraknya permainan anak jaman now. Arena untuk ciblon dan beberapa spot selfie juga ada,” katanya.




Menurutnya, saat ini pembangunan wahana wisata “De Bale Cingkrong Fun &Education” sudah mencapai 70 persen. Rencananya, tanggal 10 April akan dilakukan launching oleh Bupati Grobogan. “Launching nanti, peran warga dan anak-anak sekolah di sekitar akan kita maksimalkan. Seperti even-even sebelumnya yang pernah kita laksanakan,” ujarnya.


Jasmi menambahkan, pihaknya telah memiliki konsep tambahan setelah “De Bale Cingkrong Fun &Education” ini dibuka. Pihaknya telah menyiapkan lahan luas untuk mengembangkan agrowisata. “Pokoknya sambil berjalan saja,” ungkapnya.




Pihaknya berharap ada masukan dari berbagai pihak demi majunya desa yang ia pimpin saat ini. (RE)




Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Kades Cingkrong Sulap Balaidesa Menjadi Wahana Wisata Baru"

  1. Saya saran juga akses menuju jln utama , juga di tata dengan penghijaun , supaya terkesan natural dan , jembatan utama di perlebar agar memberi kenyaman bagi pengunjung , dan pasar tradisional di tata juga , saya rasa desa cingkrong bisa layak jadi desa wisata , dan ygter penting lanscape art jawa lebih dominan .tks

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel