De Bale Cingkrong Resmi Dibuka Bupati Grobogan



PURWODADI, Wisata-grobogan.com- Destinasi wisata baru kembali lahir di Kabupaten Grobogan. Secara simbolis, destinasi dengan nama “De Bale Cingkrong” diresmikan Bupati Grobogan, Sri Sumarni, Rabu(10/4/2019).  Dengan memotong pita, wisata yang mengusung edukasi ini resmi dibuka untuk pengunjung.  “Alhamdulillah, wisata ini resmi dibuka untuk umum. Semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat  desa,” jelas  Jasmi, Kades Cingkrong usai mendampingi bupati.

Jasmi menjelaskan wahana wisata ini memanfaatkan lahan tidur yang berada dibelakang balai desa Cingkrong, Kecamatan Purwodadi, yakni sebuah kolam dan sebidang tanah milik warga desa yang dikontrak untuk memperluas wahana wisata. 


“Kolam yang awalnya hanya untuk pemancingan kita kasih dermaga di tengahnya. Di samping itu ada bebek kayuh dan rakit yang nantinya disewakan untuk mengitari kolam. Arena out bond juga kita siapkan,  tak lupa permainan tradisional juga kita suguhkan di tengah maraknya permainan anak jaman now. Arena untuk ciblon dan beberapa spot selfie juga ada. Disamping iti ada taman lalu lintas dan tempat untuk belajar membatik,” katanya.

Untuk tiket masuk, pengelola hanya mematok seharga Rp 5 ribu. Sedangkan untuk out bond, sewa bebek kayuh dan mobil-mobilan, pengunjung harus membayar sebesar Rp 10 ribu. “Sedangkan untuki permainan tradisional gratis,” ujar Jasmi.


Jasmi menambahkan, untuk pengelolaan pihaknya melibatkan BUMDes dan memberdayakan pemuda desa. “Ada sekitar 25 pemuda yang kita libbatkan dalam pengelolaan wisata ini,” katanya.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Grobogan Sri Sumarni sangat mengapresisi strategi desa dalam mengembangkan wisata, yakni dengan mengembangkan potensi desa. “Ini bisa mengurangi pengangguran. Namun sapta pesona juga harus diperhatikan. Masyarakat harus siap menerima pengunjung dan memiliki kesadaran untuk menjaganya,” tegasnya. (RE)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "De Bale Cingkrong Resmi Dibuka Bupati Grobogan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel